News
Loading...

Fast Loading VS Perfect Design, Tentukan pilihanmu!...

SETYAWAN WORLD, Fast Loading, Perfect Design, Info Blog

Salam semua... Masih dalam suasana lebaran saya kembali posting. Kali ini saya posting artikel yang bisa dijadikan referensi sobat sekalian dalam memilih tampilan blog seperti apa yang sobat butuhkan, yaaa semoga saja dapat bermanfaat. Langsung saja kita bahas...

Banyak di antara para web designer yang menginginkan tampilan memukau tanpa membebani loading website/blog mereka, perlu diketahui bahwa hal tersebut hampir mustahil. Jika kita menginginkan loading yang cepat maka kita harus meminimalkan penampilan, begitu pula jika kita menginginkan design yang memukau kita harus bersedia mengorbankan kecepatan loading blog kita. Kedua pilihan tersebut harus kita sesuaikan dengan kebutuhan blog kita, akankah kita lebih butuh tampilan ataukah kecepatan loading?... Untuk lebih jelasnya bisa sobat baca penjelasan lebih lanjut dibawah ini:

Fast Loading
Dalam tipe ini para web designer lebih mengutamakan content atau isi website/blog mereka dibandingkan tampilan yang memukau. Pemakaian widget-pun juga diminimalisir dan biasanya hanya berisi widget pendukung content seperti popular post dan recent post. Website/blog berjenis berita sering memakai tipe ini dikarenakan mereka lebih memfokuskan pada content daripada tampilan, karena bagaimanapun tujuan pengunjung adalah membaca artikel yang disajikan bukan menikmati tampilannya.
Perfect Design
Kebalikan dari fast loading, dalam tipe ini para web designer lebih mengutamakan interface atau tampilan website/blog mereka dibandingkan isinya. Biasanya tipe ini lebih menonjolkan gambar dibanding tulisan. Perlu diketahui, blog dengan banyak widget yang tidak penting disana-sini sampai memenuhi tampilan itu bukan disebut perfect design. Memang mungkin kita merasa ingin sekali memasukkan semua kedalam blog kita, namun seperti yang kita ketahui apapun jika berlebihan pasti berdampak buruk, baik dalam segi loading maupun dalam segi tampilan. Gunakan saja widget yang mendukung dan memperindah tampilan pada bagian post. Website/blog seperti online shop, graphic design, dan contest biasa memakai tipe ini dikarenakan keharusan yang membuat tampilan yang memukau pengunjung.

Kedua tipe diatas sebenarnya dapat kita gabungkan tentunya sesuai kebutuhan dan dengan keseimbangan diantara keduanya. Dengan begitu kita dapat memakai tipe ketiga, yaitu Balance Design.

Balance Design
Dengan menggabungkan kedua tipe diatas kita dapat membuat keseimbangan dalam segi tampilan dan tentunya tidak terlalu memberatkan loading blog. Lalu bagaimana caranya?...
  • Minimalkan dalam pemakaian script dan gambar dengan ukuran besar, jika memungkinkan gunakan gambar dengan ukuran dibawah 100kb.
  • Tapi jangan lupakan content, manfaatkan sistem thumbnail pada homepage yang memuat gambar beserta cuplikan post.
  • Hilangkan widget yang tidak penting seperti animasi, jam, kalender, games, dsb jika dirasa tidak dibutuhkan.
Dengan beberapa cara diatas kita dapat membuat sebuah design yang seimbang tanpa membuat loading blog kita terlalu lama.

Okelah, sampai disini dulu posting kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Sayounara...
Previous
Next Post »