News
Loading...

Bagaimanakah Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel?...

SETYAWAN WORLD, Tips Blog, Mencari Ide Menulis
Salam semua... Awalnya saya bingung mau nulis artikel apa, akhirnya saya kepikiran untuk membuat kebingungan saya tersebut menjadi artikel itu sendiri. Setiap orang memang berbeda-beda, ada yang begitu mudahnya mendapat ide menulis ada juga yang sulit mendapat ide dan pilihan terakhirnya adalah copas artikel blog lain. Namun tindakan tersebut tidaklah benar, karena bagaimanapun tindakan plagiat seperti itu dapat merugikan orang yang sudah susah payah membuat artikelnya sendiri dan dapat merugikan diri sendiri karena dapat menurunkan reputasi di dunia maya.

Terkadang ide menulis memang sulit didapat apalagi jika kita tidak sedang melakukan apa-apa, namun ada kalanya ide tersebut datang begitu saja dalam pikiran kita. Faktor-faktor dalam diri kita sendiri seperti mood dan wawasan juga dapat mempengaruhi muncul tidaknya ide menulis tersebut. Terlepas dari itu semua sebenarnya kita dapat mengupayakan beberapa hal untuk mendapatkan ide menulis yang kita inginkan... Lalu bagaimanakah cara mendapatkan ide menulis itu?...

Saat sedang sekolah, kuliah, ataupun bekerja
Terkadang saat beraktivitas di sekolah, kampus, maupun kantor atau tempat kerja lain kita tidak sengaja mendapatkan ide yang dapat kita kembangkan menjadi sebuah artikel. Nah saat ide itu datang tulislah dalam secarik kertas atau sebuah notebook, kita juga dapat membuka sebentar gadget kita untuk sekedar menulis ide tersebut karena saya yakin sobat pastinya selalu membawa gadget. Kita dapat menulis ide tersebut menjadi sebuah judul atau kalimat yang nantinya dapat kita kembangkan saat waktu luang.
Saat berada di perpustakaan
Berdasarkan survei 90% orang datang ke persustakaan adalah untuk membaca buku. Banyak ide yang akan kita dapat dari membaca buku-buku yang ada di perpustakaan, selain itu kita juga dapat memperluas wawasan kita. Ketika ide-ide itu muncul sama dengan tadi, tulislah dalam secarik kertas, notebook, atau gadget kita. Jika memungkinkan kita juga dapat langsung membuat artikel dari ide-ide yang kita dapat tersebut langsung dalam perpustakaan.
Saat terhubung dengan koneksi internet
Jika koneksi internet masih terhubung apa salahnya meluangkan waktu untuk blogwalking (mengunjungi dan membaca artikel blog lain), dari kegiatan ini kita dapat menambah ilmu dan ide untuk artikel kita. Selain itu kita juga dapat menemukan inspirasi jika kita bergabung kedalam berbagai forum, menonton video di YouTube, menanggapi komentar di blog atau menyediakan layanan request artikel, dll. Intinya, banyak hal yang dapat kita lakukan ketika terkoneksi dengan internet untuk mendapatkan ide dalam menulis artikel, tergantung kita sendiri mau mencari ide-ide tersebut atau tidak.
Ketika sedang berwisata
Setiap orang pasti membutuhkan refreshing. Liburan ke tempat-tempat wisata adalah salah satu pilihan. Namun saat sedang berwisata tidak jarang kita mendapatkan ide untuk menulis. Namun terkadang ide tersebut hilang begitu saja karena tidak sempat menulisnya saat berwisata ataupun terlalu capek saat selesai berwisata, solusinya adalah kita dapat merekam kegiatan saat wisata maupun berfoto, ntah itu selfie atau foto pemandangan di tempat wisata tersebut. Jika sobat memiliki blog bertema bebas bisa juga menjadikan pengalaman saat berwisata ini menjadi sebuah artikel dengan dibumbui video atau foto-foto yang di dapat saat berwisata.
Selain itu kita juga memiliki kemungkinan mendapatkan ide saat mendengar curhatan seorang teman, bergabung kedalam komunitas penulis dan mengikuti kegiatannya, joging atau sekedar berjalan-jalan, mendengarkan musik atau menonton film, dll.

Mungkin ada diantara sobat yang bertanya kenapa tidak ada cara mendapatkan ide saat dirumah, kost, ataupun asrama. Sederhana saja, berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saya saat berada di rumah, kost, ataupun asrama sangat sedikit kemungkinan muncul ide untuk menulis karena pasti ada saja kegiatan yang dilakukan dan menyebabkan tidak sempatnya memikirkan ide untuk menulis, bisa juga karena sudah capek dengan aktivitas di luar yang mengakibatkan sulitnya otak untuk memikirkan ide menulis. Apakah diantara sobat ada yang mengalaminya juga?...

Nah itulah tadi beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan ide menulis. Mungkin sobat punya pendapat lain atau mungkin ingin menambah, jadi jangan sungkan untuk berkomentar. Sekian dulu postingan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang kebingungan memikirkan ide menulis artikel, hehehe...
Previous
Next Post »