News
Loading...

Alasan Banyak Blogger Gagal Beserta Solusinya

SETYAWAN WORLD, Blogger Gagal, Tips

Salam semua... Pernahkah sobat menjadi seorang blogger?... Atau sampai sekarang masih menjadi seorang blogger?... Memang dari hari ke hari jumlah blogger bertambah dan memunculkan blogger-blogger sukses nantinya, namun dari hari ke hari jumlahnya juga berkurang. Hal tersebut dikarenakan banyaknya blogger yang gagal meneruskan blognya, dan akhirnya blog tersebut ditinggalkan. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah sobat salah satu diantara blogger sukses atau malah menjadi blogger gagal?...

Kembali ke topik. Memang banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi blogger yang gagal terutama bagi yang masih baru (newbie), beberapa diantaranya sebagai berikut:

Tidak punya tujuan ngeblog

Jika tidak punya tujuan kenapa blogging?... Jika alasannya hanya ikut-ikutan dapat dipastikan sobat akan gagal kedepannya. Sebelum membuat blog perlu dipertanyakan kepada diri kita sendiri, "apa tujuan kita membuat blog nantinya?..." Untuk berbagi ilmu, sharing-sharing, promosi bisnis, atau bahkan ingin mendapat uang. Nah setelah itu barulah kita pilih topik apa saja yang akan dibahas di blog kita nantinya lalu fokuskan untuk menulis sesuai topik yang dipilih.

Tidak punya ide menulis

Sulit memang jika kita sedang tidak memiliki ide menulis, terkadang sekalipun sudah menemukan ide menulis tapi bingung memulainya dari mana dan akhirnya tidak jadi menulis. Pilihan paling mudah adalah copas artikel di blog lain, namun itu dapat berdampak buruk dan membuat kita menjadi tidak produktif. Untuk solusinya sudah saya jelaskan pada postingan saya yang berjudul Bagaimanakah Cara Mendapatkan Ide Menulis Artikel?...

Kurang promosi

Jika kita memulai dari awal dan masih kurang terkenal promosi adalah cara yang paling efektif untuk meningkatkan pengunjung blog. Bagaimanapun juga pengunjung blog adalah faktor penting untuk meningkatkan semangat blogging kita. Jika pengunjung sepi terasa blogging itu sia-sia, namun jika pengunjung kita banyak blog akan terasa lebih hidup dengan adanya kementar, kritik dan saran, itu membuat kita lebih semangat untuk terus blogging. Untuk itu promosi adalah langkah awal yang sangat diperlukan. Kita dapat mempromosikan blog kita melalui berbagai sosmed atau forum, saya kira cara itu cukup efektif. Namun jangan memberi kepalsuan dalam promosi karena hal tersebut dapat menjadi bumerang bagi sobat sendiri.

Kurang memikirkan pengunjung

Konten yang bermutu juga diperlukan untuk meningkatkan pengunjung. Dari promosi tadi jika pengunjung yang datang suka dengan konten blog kita pastinya mereka akan sering kembali untuk melihat konten terbaru kita. Namun jika kita hanya menulis hal yang tidak bermutu pengunjung akan enggan kembali karena dikira blog kita tidak bermutu. Kembali ke poin kedua, ide menulis sangatlah penting untuk mendukung konten yang bermutu. Selain itu faktor lain seperti desain blog, kecepatan loading, gangguan iklan, dan respon kita terhadap komentar juga diperlukan, coba tanyakan pada diri sendiri, "apakah dengan kondisi blogku seperti ini pengunjung akan datang lagi?..."

Terlalu menyendiri

Menjadi blogger seorang diri tanpa teman itu sulit, tidak ada yang mendukung kita dan tidak ada orang yang bisa diajak saling tukar pikiran. Oleh karenanya jangan cuman diam, carilah teman sesama blogger, bisa dengan berkenalan melalui blognya atau dari akun sosmed-nya. Syukur-syukur bisa kenal langsung dan ketemu dengannya.

Selain itu beberapa faktor lain yang tidak bisa kita hindari seperti kesibukan di sekolah ataupun kerja juga dapat membuat kita tidak sempat blogging yang akhirnya meninggalkan dunia blogging. Ada pula faktor dari diri sendiri seperi cepat bosan dan malas juga dapat membuat seseorang berhenti menjadi seorang blogger.

Namun semua itu kembali ke diri kita sendiri. Jika kita memang benar-benar niat menjadi seorang blogger pastinya kita dapat terus bersaing dengan para blogger lain.

Okelah, sampai disini dulu postingan kali ini... Semoga dapat menjadi renungan bagi sobat blogger. Thanks...
Previous
Next Post »