News
Loading...

Redirect Otomatis dari blogspot.com ke blogspot.co.id

SETYAWAN WORLD, Blogspot, .com, .co.id, Domain, Sub Domain

Salam semua... Bagi sobat blogger yang menggunakan subdomain blogspot.com pastinya sudah tahu bukan tentang perubahan yang dilakukan pihak Google. Saya sendiri awalnya kaget dengan perubahan url blog saya, dari setyawan-world.blogspot.com menjadi setyawan-world.blogspot.co.id. Karena cukup lama tidak mengunjungi Blogger saya menjadi kurang update info, setelah melakukan blogwalking ternyata beritanya memang sudah tersebar luas.

Dari hasil blogwalking saya mengetahui bahwa perubahan ini terjadi kemarin (3 September 2015), ntah jam berapa perubahan ini terjadi masih belum pasti, katanya sih sore harinya. Namun bagi sobat yang menggunakan custom domain tidak akan terkena dampaknya.

Sebenarnya kabar ini sudah diberitahukan oleh pihak Google di tahun 2012-2013. Untuk melihatnya silahkan sobat kunjungi url ini: https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=id. Sebenarnya hal ini sudah diberlakukan di beberapa negara lain namun untuk Indonesia baru kita rasakan kemarin. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hukum IT yang berlaku disetiap negara. Singkatnya apabila blog sobat melanggar hukum IT pada suatu negara maka blog sobat tidak akan ditampilkan atau dihapus, namun dapat diakses di negara lain. Ada pula rumor yang mengatakan ini merupakan salah satu update dari Algoritma Google.

Lalu apa saja efeknya terhadap blog kita?...

Bagi yang memakai custom domain memang tidak berdampak namun bagi yang masih memakai sub domain seperti saya ini pastinya memiliki dampak negatif dari adanya pengalihan sub domain ini. Beberapa masalah yang timbul diantaranya:

Dampak terhadap SEO
Perubahan ini dapat menyebabkan Search Engine menemukan konten ganda karena menemukan konten dengan domain berbeda walaupun pada dasarnya menuju halaman yang sama. Namun pihak Google sudah mengupayakan untuk meminimalisir adanya duplikat konten ini. Selain itu Pagerank kita juga akan menghilang dan Alexa Rank kita juga akan melambung tinggi. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah besar, selama kita memiliki konten berkualitas pastinya pengunjung akan datang dengan sendirinya.
Dampak pada Adsense
Bagi para publisher Adsense pastinya terkena dampak yang cukup besar, yaitu hilangnya iklan atau lebih tepatnya tidak ditampilkan karena domain yang dialihkan. Sobat bisa menunggu perbaikan dari Google atau bisa juga mengklaim url blog dengan domain baru tersebut. Namun untuk memastikan apakah iklan kita masih ada kita bisa mengakses blog kita dengan url namablog.blogspot.com/ncr (misal: setyawan-world.blogspot.com/ncr) ncr (no country redirect) akan mencegah pengalihan ke versi lokal blog secara sementara.

Lalu bagaimana cara mencegah redirect otomatis ini pada blog kita?...

Untuk beberapa alasan kita tidak ingin pengalihan otomatis ini terjadi. Kita dapat mengakalinya dengan menggunakan sebuah script sederhana yang akan membuat redirect otomatis dari google tidak berdampak pada blog kita. Namun bagi sobat yang menjadi publisher Adsense sebaiknya tidak menerapkan cara ini karena akan dianggap menyalahi kebijakan dari Google Adsense.

Berikut adalah caranya:
1. Login ke akun Blogger => Template => Edit Template => tambahkan kode dibawah ini diantara kode <head>...<head>

<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

atau

<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname;var slug = document.location.pathname;var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));if (ctld != ".com") {var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;window.location.replace(ncr);}
</script>

Bagaimanapun ini adalah kebijakan dari Google, bagi kita yang memakai domain gratis memang tidak bisa berbuat banyak. Lagi pula kebijakan ini juga untuk kebaikan kita sendiri. Okelah, sampai disini dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semua. Thanks...
Previous
Next Post »