News
Loading...

Mengenal AutoCAD - Software CAD yang Paling Banyak Dipakai

SETYAWAN WORLD, Autodesk, AutoCAD, CAD

Salam semua... Sudah berbulan-bulan saya tidak aktif blogging karena disibukkan urusan kuliah dan hal lain, hehehe... Kembali ke topik. Pada postingan kali ini saya akan membahas software yang saya perdalam akhir-akhir ini yaitu AutoCAD. Mungkin bagi sobat orang teknik sudah tidak asing lagi dengan nama AutoCAD namun tidak bagi orang awam. Untuk itu saya akan menjelaskan lebih mendalam tentang AutoCAD ini dari apa itu AutoCAD, sampai sejarah dari AutoCAD itu sendiri. Langsung saja, berikut penjelasannya...

Apa itu AutoCAD

AutoCAD adalah sebuah software desain grafis berbasis CAD (Computer Aided Design) yang biasa digunakan untuk merancang suatu objek atau model baik dalam bentuk 2D maupun 3D.

Sekilas tentang CAD:
CAD (Computer Aided Design) merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pembuatan desain yang prosesnya menggunakan komputer, seperti membuat sketsa, model, dll.

Software ini dapat digunakan dalam hampir semua bidang kerja, terutama dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafis, dan berbagai bidang lain yang berkaitan dengan penggunaan CAD. Sebagai contoh berikut adalah beberapa bidang yang memanfaatkan AutoCAD:

  1. Teknik Manufaktur (Industri): Merancang tata letak fasilitas pabrik serta rekayasa visual 3D dari produk yang akan dihasilkan oleh suatu perusahaan.
  2. Teknik Sipil: Merancang bentuk-bentuk kontruksi jalan, jembatan, bendungan, serta bangunan gedung dengan berbagai ukurang dan skala gambar.
  3. Teknik Arsitektur: Merancang kontruksi bangunan gedung serta desain-desain bangunan modern dan minimalis dengan hasil rekayasa visual 3D untuk mendukung tampilan.
  4. Teknik Mesin: Merancang produk-produk otomotif, gambar berbagai mesin perkakas industri, serta perancangan untuk menciptakan mesin-mesin yang inovatif.
  5. Teknik Listrik: Merancang skema aliran listrik pada suatu tempat seperti rumah, kantor, komplek, maupun suatu kota.
  6. Insinyur Mokroprosessor: Merancang susunan chip secara detail pada computer

Sejarah Perkembangan AutoCAD

AutoCAD diproduksi oleh Autodesk Inc., sebuah perusahaan rekayasa perangkat lunak di Amerika Serikat. AutoCAD merupakan software keluaran pertama dari Autodesk yang diluncurkan pertama kali di bulan Desember tahun 1981 di Camdex Trade Show dengan nama AutoCAD versi 1.0 atau lebih dikenal dengan nama AutoCAD 80 dan AutoCAD 86. Namun barulah pada tahun 1982 AutoCAD resmi dirilis oleh pendiri Autodesk yaitu John Walker. Pada bulan Maret 1986 AutoCAD yang merupakan produk utama Autodesk itu telah menjadi program berbasis CAD yang paling digunakan di dunia.

AutoCAD pada awalnya lahir dari sebuah program yang bernama Interact, yang ditulis dalam bahasa berlisensi SPL oleh Michael Riddle. Versi pertamanya ini berjalan diatas komputer Marinchip Systems 9900 (Marinchip Systems dimiliki oleh para pendiri Autodesk yaitu John Walker dan Dan Drake). John Walker kemudian membayar Michael Riddle sebesar US$10 juta untuk teknologi CAD yang dia ciptakan itu.

Ketika Marinchip Software Partners (nama awal sebelum Autodesk) dibentuk, para pendirinya mengambil keputusan untuk me-recode ulang Interact dengan bahasa C dan PL/1. Mereka memilih bahasa C karena pada waktu itu merupakan bahasa pemrograman yang paling besar digunakan dan sangat menjanjikan. Pada akhirnya, AutoDesk versi PL/1 tidaklah sukses sedangkan versi C yang merupakan bahasa pemrograman yang paling kompleks waktu itu berhasil diciptakan dengan bantuan compiler Lattice. Versi rilis pertama AutoCAD memiliki fitur lines, polylines, circles, arcs, dan text untuk membangun gambar kompleks. Sejak pertengahan 1990an, AutoCAD memiliki fitur custom object berkat adanya C++ API (Application Programming Interface).

Sejak saat itu AutoCAD terus dikembangkan dari mulai perbaikan fitur, format file, sampai interface yang lebih user friendly. Setelah mengalami banyak perkembangan AutoCAD tidak hanya digunakan menggambar objek 2D melainkan juga dapat digunakan menggambar objek 3D, ditambah pula fitur render yang dapat membuat modelling menjadi lebih realistik.

Nah segitu dulu informasi yang bisa saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Thanks...
Previous
Next Post »