News
Loading...

Nougat Resmi Menjadi Nama Android Versi 7.0

SETYAWAN WORLD, Android, Android 7.0, Android Nougat, Versi 7.0

Salam semua… lama tak jumpa. Kini saya kembali lagi dengan membawakan sedikit informasi mengenai update terbaru dari dunia Android. Mungkin beberapa dari sobat sudah tahu bahwa belum lama ini Android N atau Android versi 7.0 yang merupakan penerus dari Android Marshmallow telah resmi dirilis dengan nama Android Nougat (sebuah permen batangan yang memiliki kandungan, kacang, madu, dan putih telur).

Android Nougat datang dengan berbagai fitur baru serta pengembangan dari fitur sebelumnya, tidak lupa perbaikan bug yang masih ada pada versi pendahulunya. Lalu apa saja pembaharuan yang dilakukan pihak Android pada versi 7.0 kali ini?...

Peningkatkan Produktivitas

Multi Window
Fitur yang memungkinkan user menjalankan aplikasi secara bersamaan dengan dua tampilan yang terbelah. Fitur ini memang bukanlah sesuatu yang baru, beberapa brand smartphone telah memberikan fitur serupa, sebut saja Samsung yang sudah memberikan fitur serupa pada produk mereka di generasi Galaxy S4. Namun dengan hadirnya Multi Window pada Android Nougat, diharapkan fitur semacam ini nantinya bisa ditemui di semua smartphone Android.

Direct Replay
Fitur yang memungkinkan user dapat langsung membalas notifikasi pesan yang muncul pada jendela notifikasi tanpa harus membuka aplikasi apapun.

Quick Switch
Fitur yang memungkinkan user berganti aplikasi yang terakhir dipakai secara cepat dengan melakukan double tap pada tombol overview.

Clear All
Fitur yang memungkinkan user membersihkan semua aplikasi yang telah terpakai. Walaupu beberapa smartphone Android mungkin sudah memiliki fitur ini.

Bundled Notifications
Fitur yang memungkinkan user mengumpulkan semua notifikasi dari aplikasi yang sama menjadi satu. Jadi, tak ada lagi notifikasi berderet dari aplikasi yang sama.

Peningkatan Performa

Android Nougat fokus pada peningkatan pengalaman grafis dan runtime. Di sistem operasi terbaru ini user akan disodorkan oleh API grafis Vulkan 3D, yang memungkinkan developer membenamkan detail grafis yang lebih bagus. Tak hanya itu, Vulkan 3D membuat pemrosesan gambar untuk bermain game lebih tajam dan halus.

Android Nougat juga dirancang untuk mendukung penggunaan Google Daydream yang akan dirilis dalam waktu dekat. Project Google Daydream merupakan suatu project pengembangan teknologi berbasis VR (Virtual Reality) yang cuma menggunakan alat-alat ringan, kita seakan-akan berada dalam kondisi kenyataan yang ada di dalamnya, tentunya dengan dukungan alat lain.

Perubahan dan peningkatan tak hanya terjadi di sektor grafis. JIT Compiler terbaru di Android Nougat disebut mampu meningkatkan runtime perangkat. JIT Compiler baru ini mampu meningkatkan kecepatan instal aplikasi sebesar 75% dan mengurangi penumpukan ukuran kode sebanyak 50%.

Selain itu adanya fitur Doze yang dapat membuat perangkat dalam mode sleep lebih ketika sedang dalam perjalanan atau ketika berada di dalam saku, sehingga penggunaan energi semakin hemat. Ditambah fitur Data Saver yang dapat digunakan untuk mengatur kuota paket data.

Peningkatan Keamanan

Seamless Update
Fitur yang memungkinkan user mengunduh update OS pada background. Dengan begitu sobat dapat menggunakan smartphone tanpa terganggu dengan proses instalasi update.

Direct Boot
Fitur yang memungkinkan user mengaktifkan smarphone lebih cepat. Namun, aplikasi yang berjalan dipastikan akan tetap aman, sehingga sobat masih tetap akan menerima notifikasi meskipun smartphone dalam keadaan terkunci.

File Based Encryption
Fitur yang memungkinkan user membuat tingkat keamanan yang lebih ketat dengan mengisolasi dan melingungi file secara individual.

Lebih Ekspresif

Android Nougat membuat user bebas berekspresi. Salah satunya adalah dengan hadirnya 72 emoji terbaru dari total 1.500 macam emoji.

Google juga menyediakan fitur yang mendukung penggunaan bahasa yang beragam. Sebagai contoh, Android Nougat akan mendeteksi dan menampilkan hasil pencarian dalam beragam bahasa, termasuk bahasa yang sobat pakai. Android Nougat-pun tidak akan berusaha untuk menawarkan terjemahan terhadap bahasa yang sobat pahami. Total ada 100 bahasa baru dan 25 bahasa lokal yang hadir di sistem operasi terbaru ini.

Nah seperti itulah sedidkit review tentang Android Nougat. Semoga dapat menjadi referensi bagi sobat, thanks...
Previous
Next Post »