News
Loading...

Siapa Pencipta Logo Sistem Operasi Android?...

SETYAWAN WORLD, Irina Blok, Android

Salam semua... Kembali lagi bersama saya... Kali ini saya akan membahas logo Android. Siapa yang tidak mengenal Android?... Saya yakin kebanyakan dari sobat yang mengakses blog saya ini juga menggunakan smartphone dengan sistem operasi berlogo robot hijau ini. Namun apakah sobat tahu siapa yang membuat logo si robot hijau tersebut?...

Ternyata perncipta logo Android adalah seorang wanita. Adalah Irina Blok, yang merupakan salah satu designer yang bekerja di Google kala itu. Sementara banyak orang di Google mempersiapkan peluncuran Android , Irina bersama rekan-rekannya bekerja menciptakan logo sistem operasi tersebut.

Irina dan tim diminta membuat logo yang mudah dipahami dan mengandung unsur robot. Irina-pun mulai dengan mempelajari berbagai desain karakter film, mainan dan action figure bertema sci-fi dan luar angkasa. Namun usahanya tidak membuahkan hasil yang maksimal. Hingga akhirnya ia mendapatkan inspirasi dari sebuah simbol toilet pria dan wanita yang kerap ditemui di toilet umum. Ia-pun mulai bermain-main dengan desain piktogram tersebut, mencoba beragam warna dan mencoba menambahkan antena dibagian kepala. Akhirnya Irina dan timnya berhasil membuat desain logo Android seperti yang kita kenal saat ini.

Awalnya logo tersebut dianggap menjiplak sebuah karakter game berjudul "Gauntlet: The Third Encounter", namun Irina menyangkal isu tersebut dan menjelaskan bahwa logonya dibuat tanpa adanya unsur plagiat.

Irina dan timnya di Google memutuskan untuk membuat logo Android bersifat open source yang artinya dapat dimodifikasi oleh siapapun. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu sarana pengembangan kreativitas desain bagi masyarakat dunia. Irina juga menjelaskan bahwa kunci dalam membuat logo yang dapat dikenang itu terletak pada kesederhanaan dan sifatnya yang abadi, dan kedua hal tersebut merupakan hal yang paling sulit untuk dicapai.

Nah sampai disini dulu informasi mengenai sang pencipta logo Android, semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi sobat... Thanks...
Previous
Next Post »